/*--------------------------------------------------------------------------------- ---------------------------------------------------------------------------------*/ /*--------------------------------------------------------------------------------- ---------------------------------------------------------------------------------*/
HASIM IS NEVER

Tutorial dan artikel

Selasa, 27 Desember 2011

Tutorial Sitemap

Tutorial Sitemap

sitemapMenurut beberapa artikel referensi yang saya baca sitemap merupakan bagian terpenting dari sebuah situs atau blog, bahkan beberapa pakar seo pun merekomendasikan agar situs atau blog mempunyai sitemap. Lalu apa itu sitemap ? Apa fungsinya ? Dan bagaimana cara membuat sitemap ? Kali ini saya akan mencoba membahas sedikit lebih dalam mengenai sitemap.

Apa itu Sitemap ?
Sitemap adalah peta sebuah situs atau blog yang berisi informasi mengenai url-url yang ada di situs atau blog tersebut. Sitemap ini selain berisi url-url juga berisi metadata, metadata disini berupa informasi mengenai kapan terakhir kali situs atau blog tersebut di update, seberapa sering update dilakukan, kapan waktu situs atau blog tersebut di update.

Fungsi Sitemap
Fungsi sitemap ini untuk menginformasikan url-url sebuah situs yang bisa di crawl (jelajahi) oleh robot-robot search engine. Karena di dalam sitemap hanya terdiri dari url-url saja, robot-robot search engine pun akan mudah mengindex seluruh url-url(artikel, kategori, arsip, dll) yang ada di situs atau blog anda. Namun apabila anda tidak menggunakan sitemap, maka robot-robot search engine akan menjelajahi situs atau blog anda per halaman, bisa anda bayangkan bila anda sudah mempunya berpuluh-puluh artikel bahkan ratusan artikel, situs atau blog anda akan sangat sulit di jelajahi dan sulit untuk terindex.

Saya pernah mendapat informasi mengenai sedikit trik agar situs atau blog anda mudah terindex search engine dengan sitemap ini. Karena salah satu metadata yang di informasikan sitemap ke robot-robot search engine berupa informasi kapan saja waktu situs atau blog di update, maka usahakan anda mengupdate artikel anda setiap hari dengan jam yang sama. Misalkan anda hari ini menulis artikel pukul 8 malam, usahakan keesokan harinya anda mengupdate artikel anda jam 8 malam juga. Cara ini cukup efektif agar blog anda lebih search engine friendly.

Sitemap

Cara Membuat Sitemap
Karena saya pengguna wordpress jadi anda tidak perlu bersusah payah membuat sitemap ini, karena sudah ada plugin yang bekerja secara otomatis membuat sitemap untuk situs atau blog anda. Nama plugin ini Google XML Sitemaps, saya akan membahas cara setting plugin ini di lain kesempatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar